1/8. Jurnalistik Radio (Pengantar)  

Posted by Azis

Para pendengar radio mungkin tidak peduli dengan istilah jurnalistik radio (broadcast journalism, radio journalism). Yang pendengar pedulikan hanya satu: bisa MENDENGARKAN acara radio yang menghibur, menyenangkan, dan memenuhi kebutuhan informasi mereka.

Pendengar juga mungkin tidak peduli dengan masalah teknis dan teoritis menyusun sebuah program acara, siaran berita, atau penulisan naskah yang dibawakan penyiar. Yang mereka pedulikan hanya satu, yaitu: penyiar atau reporter MEMPERDENGARKAN suara dengan JELAS dan ENAK DIDENGAR, sehingga informasi yang diampaikan mudah dimengerti.

Lain halnya bagi penyiar, reporter, dan penulis naskah (script writer) yang menjadi “ujung tombak” siaran radio. Mereka tidak bisa bersikap TIDAK PEDULI dengan pendengarnya. Mereka harus MEMANJAKAN telinga pendengarnya dengan sajian siaran dan informasi yang enak didengar, mudah dipahami, juga menghibur. Mereka harus dapat “memaksa” para pendengar mau mendengarkan dengan setia, stay tune, bukan malah membuat mereka mematikan pesawat radionya atau berpindah gelombang.

Oleh karena itu, para Penyiar, Reporter, dan Script Writer harus memanahami dan menguasai kecakapan untuk melakukan siaran , menyampaikan laporan, dan menulis naskah radio “yang baik dan benar”. Disinilah pentingnya memahami dan menguasai teknik-teknik jurnalistik radio.

Istilah jurnalistik radio terdiri dari dua kata, yaitu Jurnalistik dan Radio. Masing-masing kata merupakan konsep tersendiri yang memiliki makna tersendiri pula. Untuk menemukan sekaligus memahami pengertian jurnalistik radio secara utuh, kita akan kenali masing-masing konsep tersebut.*** (Ref. AS M.Romli)

This entry was posted on Tuesday, January 27, 2009 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Subscribe to: Post Comments (Atom) .

2 comments

Thnaks 4 visited and smile 4 uu http://pangaloan.blogspot.com/


Have nice daya... blog anda sangat berguna ..

Thnaks 4 visited and smile 4 uu http://pangaloan.blogspot.com/